Jumat, 27 Desember 2013

Oreo Cheese Cake


Sebenernya ini percobaan pertamaku, belum pernah kubikin cheese cake sebelumnya. Hasilnya pun belum memuaskan, belum seenak cheese cake-nya Bread Talk (kalo aku bisa bikin yang seenak itu, aku jualan aja kaliii... hihi..) dan bentuknya pun masih jauh dari kata rapi, atau cantik apalagi.  Tapi berhubung suka pamer di Instagram, dan sudah kupamerin pula hasil percobaan pertamaku itu di Instagaram, dan banyak yang minta resepnya (yang kalau ditulis di komennya Instagram kepanjangan) ini dia resep cheese cake yang begitu kubaca langsung pengin kucoba karena terlihat gampang.

Resepnya dikasih dari Dian, tetangga sebelahku, ngeprint dari Facebooknya mamataro.com katanya.
Karena kupakai whip cream bubuk (yang rasanya sudah manis) aku gak pakai gula lagi.
Pakai ring plastik mika? Tentu saja tidak hihi... ngebayanginnya aja ribet (dasar pemalas yaa..).
Hasilnya? Enaak... (walo teteup.... kalah kalau dibandingin sama Bread Talk atau Cheezy hihi....) dan ternyata gak sebanyak yang kubayangkan. Jadi, kueku pun tipis, kurang tinggi, karena loyang yang kupakai kegedean. Ya bayangin aja itu cream cheese satu cup ditambah whip cream sepertiga dus ( kan satu dus isi 200 gr ditambah air 400 ml) jadinya ya kira-kira segitu deh..

Kurang berasa kejunya, kurang 'tajem' menurutku. Mungkin campuran whip creamnya perlu dikurangi. Dan teksturnya agak kenyal, kurang 'kres kres' gitu, next time bubuk gelatin aku skip saja. Padahal cuma kupakai sedikit loh, gak sampai 3 sdm seperti di resep.
Dan bau gelatin itu alamaaak... aku gak suka.

Pakai loyang bongkar pasang ya kalau gak mau bikin ring plastik mika. Kalau gak punya loyang bongkar pasang (kaya aku nih) ya pakai loyang biasa yang dialasi kertas roti saja.

Eh ya, kalau gak mau pakai Oreo (sayang Oreonya, gak usah diapa-apain Oreo udah enak, kata anaknya Mbak Ika hehe...) bisa pakai biskuit marie utk alasnya, dan selai strawberry atau blueberry untuk toppingnya. Aku belum nyoba juga sih... tapi kayanya enak juga :))


 Bahan Alas:
o 150 gr biskuit Oreo, haluskan
o 75 gr mentega tawar, lelehkan -> gak punya, jd kupakai blue band
Bahan Cheesecake:
o 250 gr cream cheese
o 50 gr gula tepung -> aku skip krn whip creamnya sudah manis
o 1/8 sendok teh esens vanili
o 1 sendok teh air jeruk lemon
o 1/2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon -> aku pakai sedikiit
o 100 gr white cooking chocolate, lelehkan
o 3 sendok makan gelatin, larutkan dengan 3 sendok makan air panas -> next time aku skip saja
o 200 gr krim kental, kocok setengah mengembang, dinginkan
o 4 keping biskuit Oreo tanpa krim

Cara Membuat:
1. Alas: Campur Oreo dan mentega tawar leleh. Aduk sampai menggumpal.
2. Buat ring bulat dengan plastik mika tinggi 5 cm dan diameter 5 cm. -> aku skip
3. Pipihkan alas di dasar loyang yang dilapis ring. Dinginkan 30 menit dalam lemari es.
4. Cheesecake: Kocok cream cheese asal lembut. Masukkan gula tepung, esens vanili, air jeruk lemon, dan kulit jeruk lemon. Kocok rata.
5. Tambahkan white cooking chocolate leleh dan gelatin. Kocok kembali.
6. Masukkan sedikit-sedikit ke dalam kocokan krim kental sambil diaduk perlahan.
7. Tuang setengah bagian cheesecake di atas alas, beri kepingan Oreo di atasnya, tuang sisa cheseecake, bekukan.

Gampang kan? Selamat mencoba.

38 komentar:

  1. aku langsung gugel kemaren mbak... pas dikau bilang oreo cheese cake. Ternyata memang gampil ya... cuma pas dibilang jadinya cuma 9 potong langsung mengkeret deeh.. hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiih kata siapa cuma jadi 9 potong?
      punyaku jadi banyaak... kalo dipotong kotak ukuran 2 atau 3 cm itu kayanya bisa jadi 30-an potong deh... gak ngitung sih, tapi banyak kok.. bukan cuma 9 potong.
      mungkin kalo tebel2 dan gede kaya yg di bread talk iya kalii.. 9 potong (eh motongnya gimana ya, kalo bulet bukannya jadi 8, atau 12 potong? gak tau ah kok jadi nampak rumit hehe...)

      Hapus
    2. pakai yang mika ukuran tinggi 5cm diameter 5 cm itu lhoo...kan jadinya enggak dipotong2, tapi si mika itu berfungsi sebagai cetakan, bukannya ?

      Hapus
    3. Oo.. ada tulisan jadi 9 potong mbak? Di print-an yg dikasih Dian gak adaa.. jadi pede aja jadi banyak. Dan lagi pula aku ngocok whip creamnya sampe ngembang.. jadi banyak hihi... Jadij banyak kok mbak. Di rumah kucek lagi loyangnya ada lah kalo 40 an potong ..

      Hapus
  2. Jadinya cuma 9 potong mbak??? Ini yang sayang maknya, bukan lagi anak-anakku mbak... ^_^
    Yang gelatin next diskip itu maksudnya gak usah pake gak papa mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kaa..... jadi banyak kok untuk potongan kaya di fotoku itu... ada 30 an potong kayanya. gak tau mbak titi lihat resepnya siapa.
      Kayanya gak pake gelatin gak papa... soalnya aku malah gak suka sama tekstur kenyalnya si gelatin itu.. biasanya gelatin kan dipake utk puding2an ya... biar kenyal. klo gak salah kan dia itu bahan pembuat jelly.

      Hapus
    2. gelatin itu buat memperkokoh adonan yg krim krim gini mbak.. kayak resep triple mousse yang kubikin itu.
      cobain yang enggak pakai gelatin mbak, trus bedakan.
      kalau rasa sih enggak ngaruh kayaknya, cuma di tekstur aja (komen sok pisan hahahaha)

      Hapus
    3. Iyaa... emang gada rasanya mbak.. dan baunya gak enak. :))
      tripple mouse? Manaa... manaa.... kok aku blm pernah nyicip?

      Hapus
    4. Ooooo... gitu ya?? #manggut-manggut
      Pada rajin bikin2 puding gini... jadi pengen nyobain juga ^_^

      Hapus
  3. Nah gini nih kalo awam bgt soal per-pastry-an, aku jd gak mudeng mbae huhu :( mendingan suruh bikin iga/gurame bakar deh haha
    Dikocoknya bisa manual aja pk ballon wisk?apa musti pk mixer? Aku blh minta WA/line mba g? Mau bener2 berguru hahaha.email aku di fentirahmafais@yahoo.com ya mba^^ tengkyuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kocoknya pake mikser neng geulis... terutama ngocok whip creamnya, soalnya dikocok sampe ngembang. kalo pake ballon wisk pegel hehe...
      udah aku emailin yaa nomerku.... monggo kalo mau wazap aku... tapi jangan berguru perihal masak memasak.. sama2 lagi belajar inih.. :))
      mana dong resep iga bakar? bagi dooong...

      Hapus
    2. nyamber di sini ahhh.. aku mau WAnya juga dunkk.. aku pengen coba yg ini, tapi aku pasti butuh bimbingan. haha.. akuntania.royani@gmail.com

      btw, pas banget kmren baru aja dapet resep cheese cake juga, pengen, tp kok di resep itu proses ovennya pake loyang yg pake air itu.

      Hapus
    3. Iyaa... biasanya dioven au bain marie (eh bener gak ini namanya? Yg dioven pake air itu?) tampak ribet yaa..
      jadi pas nemu resep ini langsung gatel pengin nyoba. Penggemar cheese cake ni akuuu...
      email udah yaa... nanti kita wazapan klo aku mudik bisa kopdaran.. ntar kuajak diah deh.

      Hapus
  4. Balasan
    1. ituuu yang ada di gambar... aku pakai Haan.. whipkrim bubuk, kebetulan cuma ada itu di toko bahan kuenya..

      Hapus
  5. nyam..nyam...
    enyak banget mbak...ampe ngiler gini

    btw...gelatin itu halal gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaalloh halal... gelatin sapi kayanya :)
      ada logo halal di kemasannya kok.. di foto di atas itu gak keliatan ya? logonya kecil.. tapi kalo fotonya dizoom keliatan deh...

      Hapus
  6. Mbaaaak, kenapa kalo liat foto makanan di blog ini, aku jadi ngiler siiih? Hahaha...
    Belum kuat nih mbak niatku bikin cake-cake-an gini :P

    Aku bookmark dulu yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang ajaa... ada masanya kok... aku dulu juga gitu.. suka gunting2in resep dari majalah ato tabloid, dikumpulin, dan dikumpulin doang gak pernah dicobain hahaha....
      Sekarang mah penginnya tiap hari masak macem2 kalo punya waktu :))

      Hapus
  7. aku tuh ya klo liat resep disini pasti langsung copy paste ke kumpulan resep. niat udah menggebu-gebu nyobain tp biasanya sih surut lagi klo udah di rumah.

    btw aku belum apa-apa udah puyeng duluan nih mbak liat nama bahannya. ga kenal semua. haha... (apa itu cream cheese? apa itu whip cream?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi aku juga gak kenal.. gak tau sifat2nya maksudku, gak kaya gula yg kita tahu pasti sifatnya manis, terigu yg kita juga tahu sifatnya... jadi ya nanya aja ke mbak2 petugas di toko bahan kue.. mbak cream cheese yg mana? Dan dia tunjukin hihi...

      Hapus
  8. jadi inget kakakku, duluuuu pertama kali bikin puding roti, sama kakakku (cowok) diledekin: lah, udah pasti enak, wong bahan2nya juga premium:roti, susu, biskuit.. hahahaha...
    Aku belum pernah bikin makanan pake gelatin, mbak. Itu tuh yang bikin kenyal bukan, sih? Halal, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... aku juga baru kali ini pakai gelatin, biasanya ada di resep puding2an.. bikin kenyal kaya jelly atau mungkin bikin kental juga.
      aku beli di kijang mas ada logo halalnya.. insyaalloh halal lah.

      Hapus
  9. Di Manado lagi trend cake Gelatin.. :p Rasanya kenyel2 gitu jadi kek puding..

    Cheese cake Oreo nya terlihat nikmaat.. Gak bisa bikin, bagi aja boleh ga mbak? hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cake gelatin? kaya apa tuuh....?

      Hapus
    2. hoohh.. Kayak apa yah? Pokoknya tengahnya itu ada kek adonan gelatin yang kenyel2 gitu transparan..haha :p

      Btw, Mba dirimu menang lho GA nya.. Py bingung mo ngabarin lewat mana.. hihi.. Jadi numpang dimari yakk ngabarin nya.. selamatt! Ditunggu email alamatnya yah..

      Hapus
    3. udah aku emailin.... makasih yaaaaa...... *senengbanget

      Hapus
  10. yang enak itu resepnya atau memang oreonya yak?
    hwehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang enak kuenyaaa... bukan resepnya :p

      Hapus
  11. Salam Kenal Mbak

    Jika punya impian yang akan diwujudkan, mari berbagi kisahnya di GA http://www.garammanis.com/2014/01/01/giveaway-kolaborasi-apa-impianmu/

    BalasHapus
  12. Wuih... enak nih hehe... soalnya saya sukaaa cheese cake, tapi gak bisa bikinnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain deh resep yang ini... gampang :))

      Hapus
  13. Aaaaww tampak menggoda sekali, save resepnya ah...prakteknya entah kapan tapi XD
    coba bisa di delivery mbaa, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi aku juga gitu kok... ngesave2 ato ngeprint2 resep... nyobanya sih entah kapan :))

      Hapus
  14. resepnya tampak enak jadi pengen nyobain. kemaren juga bikin oreo melted cheese cake tapi agak gagal.... amatiran heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah yang penting bisa dimakan berarti gak gagal, itu prinsipku hahaha.....

      Hapus
  15. Mba, minta WA-nya boleh engga? Baru search tbtb pingin buat nih hehe. Email ya mba nadyanda@gmail.com :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...