Senin, 28 Oktober 2013

Risoles Amerika Made in Bandung


Biasanya aku males bebikinan kue yang 'merepotkan' macam bikin risoles ini.  Kulitnya harus didadar satu-satu, diisi dan dilipat satu-satu, dibalur telur dan tepung panir satu-satu, baru digoreng. Maunya sih yang tinggal kocok-kocok campur-campur tuang kukus/oven/goreng, tapi setelah melihat resepnya Lianda Amarta yang kayanya gampang bikinnya dan simpel pula bahan-bahannya, (dan membayangkan lezatnya sepotong risoles hangat berisi daging asap keju telur dan mayones) tergodalah aku untuk mencoba bikin risoles yang bernama American Risoles ini. Mumpung lagi ada bala bantuan tenaga, Kakak Neysa lagi ada di rumah. Lumayan buat bantu-bantu ngaduk adonan :)

Dan ternyata gak seribet yang dibayangkan kok.. Memang kulitnya didadar satu-satu, tapi gak lama loh proses itu. Sesendok-sesendok tau-tau selesai tuh semangkuk adonan.

Dan karena kemarin cuma belanja di warung deket rumah, gak ada dong daging asap... ya sudah kuganti sosis saja. Tetep enyaaak... nyom nyom nyom..

Kulitnya lembab di dalam tapi crunchy di luar. Pakai tepung panir yang kasar, jadi renyah banget.  Enak deh... satu resep ini jadi 15 pcs risoles yang begitu mateng digoreng langsung tandas haha... Kapan-kapan bikin lagi aah....

Ini resep risoles mamanya Lia, sudah kukonversi jadi ukuran gelas tanpa timbangan.. kupersembahkan buat teman-temanku yang pada males nimbang nimbang hehe.. #nomention

Bahan kulit:
1 1/2 gelas tepung terigu (150 gr)
2 gelas susu cair (350 ml)
1 sdm mentega cair (krn males menyairkan cuma 1 sendok mentega jd kupakai olive oil dan kutambahkan 1/2 sdt garam)
1 butir telur + 1 kuning telur (putihnya dipakai untuk membalur)
Tepung panir kasar secukupnya
Bahan isi:
3 butir telur rebus
4 buah sosis (resep aslinya pakai daging asap)
Keju secukupnya
Mayonais secukupnya



Cara membuat:
  1. Campur terigu, susu, telur kocok, dan mentega cair, aduk sampai rata. Agar adonan benar-benar halus rata, boleh disaring.
  2. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan sedikit minyak goreng. Dadar adonan kulit tersebut satu persatu sampai adonan habis. Gunakan sendok sayur sebagai takaran.
  3. Potong-potong bahan isi sesuai selera. Susun telur, keju, daging asap/sosis di atas selembar kulit risoles, tambahkan satu sendok makan mayonais, lipat, sisihkan.
  4. Lakukan sampai seluruh kulit habis. Celupkan di kocokan putih telur, balurkan tepung panir. Simpan di freezer kurang lebih 10 menit agar tepung menempel sempurna.
  5. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Jangan pakai api kecil ya biar kulitnya renyah.. tapi jangan kegedean juga apinya, ntar gosong :))




Dan karena risoles lenyap dalam sekejap, sore-sore harus bikin camilan lagi dong.. Ada ubi ungu sisa oleh-oleh dari Pak Ucok -drivernya anak-anak- dari Cianjur. Pak ucok ini bukan orang Batak dan gak ada keturunan Batak sama sekali, asli orang Cianjur.  Entah kenapa dipanggil Ucok. :D

Ubi ungu yg biasa kubeli warnanya ungu pekat, cantik dibikin kue mangkok, tapi ubi dari Cianjur ini warna ungunya semburat saja. Dominan putih. Tadinya males bikin kue karena yakin hasilnya gak akan cantik, gak mencerminkan yang bikin banget tapi karena gak ada bahan lain lagi sore kemarin yasudahlah kubikin kue mangkok saja. Rasanya tetep enak kok cuma warnanya aja yg kurang cantik.

Yang mau resep kue mangkok ubi ungu boleh resepnya klik di sini.

Bandingkan warna ubinya...
Dan bandingkan warna kuenya..

24 komentar:

  1. risolessss....! dan aku nggak suka daging asap, mbak. Jadiiii... yg dirimu bikin itu... itu... udah favoritku bangetttt...!
    Ehem, jadi si kue mangkok ubi itu nanti bisa ku icip, eh..? asyikkkkk... merciiii ya, mbak cantiiikkk,baiikkk dan suka nraktirrrr... #eh? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beress.... ingetin aja mr myko agar jangan sampe lupa yaa...
      Dan mmm... kalo dipuji cantik gini, kayanya besok kubikinin apa lagi ya? hahaha.... haus pujian...

      Hapus
  2. mba, ih makanan kedoyananku ini, pernah bikin tapi kurang berhasil, jadi nanti cobain ah resepnya, trus kenapa itu bikin kuenya merekah gitu, aku ko yah cuma meletek atasnya doang ga sampe mekar :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mana nih yg pernah bikin tp kurang berhasil? risoles? klo resepnya lia ini gampang kok... tuh punyaku jadi dan bagus.. hehe.. tipsku ini aja, pakai api kecil saat bikin kulitnya.
      Kalau yg kue mangkok... mmm... aku udah beberapa kali bikin ya mekar bagus gitu tuh... mekar merekah.. kenapa ya? pakai raginya apa? aku pake fermipan..

      Hapus
    2. aku juga pake fermipan mba, tapi bantet gitu hasilnya, apa ada yang salah kali yah step by stepnya..

      Hapus
    3. kalo pake ragi-ragian gini biasanya masalah di suhu adonan yaa... ragi berkembang bagus di suhu ruang yg agak anget gitu. katanya sih... :))
      Coba deh pake santennya agak anget dikit... atau didiamkannya di ruangan yg agak hangat.

      Hapus
  3. baiklaaah karena promosinya gencar enaknya, aku akan cobaaa minggu ini si risoles ituu hahaha. Mbaak, kamsya si kue mangkok ubinya Itu 4 yang ngabisin Edi hahahaha, dia sukaaa karena nggak terlalu manis. Aku sih biasa aja *habis dua tapinya* Nggak nyeseeel kemarin bela-belain mampir sore sore ujan buat ngerampok ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak terlalu manis? emang gak pake gula ndang... itu manis segitu karena yang bikinnya manis aja... jadi kelunturan manisnya.. hahahaha........
      *yg percaya pasti langsung klik resep.. pake gula gak sih? :p

      Hapus
  4. Ini ceritanya pada pesta kue mangkok ubi?? KOK AKU GAK DIBAGIIII?????
    Mbak, risolesnya menarik banget tuh... kapan-kapan ah bikin yang begini ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini sini ke bandung kaaa..... kubikinin kue mangkok.... (hihi jauh2 kok cuma dikasih kue mangkok ubi...)
      risoles ini juga udah kurencanakan bikin lagi weekend ini..

      Hapus
    2. rajin banget si mbak... kemarin sore sulungku aku critain tentang american risols ini langsung mupeng, pengen dibikinin juga ^_^

      Hapus
  5. hai Tituk,
    makasih udah mampir di blog de.

    Pas kesini menjelang makan siang itu salah besar deh. Jadi tambah lapar huhuhuhu

    De baru coba bikin kue mangkok 2x, yang pertama sakses mekar eeehhh yang kedua mingkem. Setelah itu gak berani coba lagi *cemen*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... emang ya kalo gagal itu kadang bikin kapok.. tapi kadang juga bikin penasaraann.... jadi nyoba2 terus sampe berhasil.

      Hapus
  6. Dikantor ada yg jual risoles ini dan selalu jadi rebutan meski harganya 3 ribu sebiji.. Enyakk.. Liat ini lgsg pengen belii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama... di sekolah anakku juga 3 ribu dan lariss...

      Hapus
  7. baiklahh... weekend ini yg punya rumah pulang dan sepertinya bikinin risole ini aja sebagai pancingan minta traktir makan di luar... wekekekkekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan di luarnya di deRisol ya.. trus bandingin enakan mana :)

      Hapus
  8. wuaaaw, keren banget maak. resepnya simple tapi hasinya menggiurkan. kapan2 coba ah..

    BalasHapus
  9. Lama g sih mbaak bikinnya? Kalo akhir pekan, anak-anakku kok susah banget tidur siang :P Jadi paling pisang goreng lagi pisang goreng lagi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak lama kok... sejam beres deh... pas anak2 udah tidur langsung mulai, ntar anak2 bangun udah mateng... coba deh biar pisang goreng gak bosen dia lagi dia lagi yang dibikin hihi..

      Hapus
  10. Waaah pas bgt kmrn aku jg bikin risol
    Tp si kulit risol itu jd misteri sampe skrg
    Perasaan dulu2 bikin kulit risol cm pk air, bukan susu, amburadul.sih, tp berhasil, tp kemaren kok ya guagaall total, akhirnya ganti adonan baru, dan berhasil
    Tapinya blom digoreng2 doong, sayang klo abis hahaha, masuk frezer aja sambil.dipandang2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi jadi misteri... kenapa gagal total? Keenceran kali ya?
      eh ya pake air ato susu sama aja sih, ngaruhnya ke rasa. Pake susu lebih mak nyuss dong pastinya.
      dan itu udah jadi bukannya digoreng haha... malah jd pajangan... ini masak buu bukan bikin handy craft hihi.. seneng ya kalo berhasil.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...