Senin, 07 Oktober 2013

Bolu Karamel


Satu lagi resep bolu yang gampang banget bikinnya, yaitu bolu karamel alias kue sarang semut. Gak perlu mikser, gak perlu timbangan (bahan-bahan diukur pakai gelas belimbing). Bahkan dulu waktu pertama kali bikin tahun 1995-an  aku gak pake oven (karena memang gak punya). Aku panggang pake cetakan bolu bluder jadul punya ibuku. Itu loh yang bentuknya loyang tulban, tebel, ada tutupnya, dan ada tatakannya yang ditaruh di atas kompor. O ya, di bagian tutupnya ada lubang kaca berdiameter ± 5 cm, untuk 'ngintip' bolu kita ngembang ato bantat . Tau kan?  Kayanya ibu-ibu kita jaman dulu pada punya deh panggangan bolu seperti itu. Gak kebayang kaya apa bentuknya? Ah ya sudah, berarti kita hidup di jaman yang berbeda hehe..

Temen kuliahku Tuti yang mengajariku bikin bolu karamel ini dengan resep andalan ibunya. Dan berhubung waktu itu loyang tulban yang dimiliki ibuku berukuran kecil (diameter 20 cm) Tuti pakai setengah resep. Dan aku pun sampai sekarang selalu pakai setengah resepnya itu, karena loyangku pun berukuran 20 cm. Setengah resep aja jadinya banyak kok.. Dan lagi pula takut gagal klo nyoba 1 resep full, sayang telurnya 8 butir. Telur lagi mahal kaaan..

Ini dia setengah resepnya.

Bahan:

4 butir telur
1 gelas gula (± 250 gr)
1 gelas munjung terigu (± 200 gr)
1 gelas air panas (± 220 ml)
1/2 bks margarin ( 100 gr)
1/2 kaleng susu kental manis ( 100 ml)
1 sdt soda kue
1 sdt kayu manis bubuk (bisa diskip kalo gak suka)



Cara membuat:

  1. Buat karamel. Panaskan gula di atas wajan dengan api kecil sampai gula mencair dan berwarna kecoklatan. Hati-hati jangan sampai gosong.
  2. Tambahkan air, aduk sampai karamel larut semua. Hati-hati saat memasukkan air karena karamel meletup-letup dan sangat panas. Setelah karamel larut, matikan api.
  3. Masukkan margarin, aduk sampai margarin meleleh semua. Dinginkan.
  4. Dalam baskom terpisah, campur terigu, soda kue dan kayu manis bubuk. Ayak.
  5. Kocok telur sampai berbusa, masukkan sebagian kocokan ke dalam baskom terigu, berselang seling dengan larutan karamel. Masukkan susu kental manis, aduk rata.
  6. Tuang ke dalam loyang tulban yang telah diolesi margarin dan ditaburi terigu. Pastikan loyangnya gak bocor ya, soalnya adonan bolu karamel ini cair, gak sekental adonan bolu biasa.
  7. Oven sampai matang. Aku pakai suhu 170'C selama 45 menit.
Jadilah kue bolu berwarna coklat gelap dan bolong-bolong berongga, seperti bika ambon, atau seperti sarang semut mungkin... :)

Selamat mencoba..

17 komentar:

  1. Hihi ..... akhirnya mba Tituk posting ini.... aku dulu pernah suka mbaak... tapi sekarang kok berkurang ya... sukanya. Asa beda rasanya. Klo beli udah membayangkan rasanya gimana... ternyata beda sama bayangan. Coba aku cicip yang home made buatan mba Tituk siih.. *modus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ini kue bikinnya udah lama mbaak... baru sempet posting aja.
      Weekend kemarin cuma bikin muffin sama carrot cakemu ituu.... tapi enakan punyamu deh... teksturnya beda. Klo punyamu kan ngeprul gitu mbak, yg punyaku lebih moist, kenapa ya? Enak juga siih... cuma beda tekstur aja.

      Hapus
  2. Mbak, kayaknya kita satu generasi, karena saya tahu panggangan bolu yang mbak maksud ^_^..punya ibu ada dan masih suka aku pinjam meskipun kaca di tutupnya itu dah retak-retak #tosss
    Ih, yang gampil dan hemat telur gini boleh banget dicoba nih...

    BalasHapus
  3. Hihihi standar satu generasinya panggangan bolu berkaca ituu... namanya apa ya?
    klo punya ibuku udah entah ada di mana, udah puluhan tahun gak kulihat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wonder pan/baking pan deh namanya.. lupa-lupa ingat juga.. ikutan mau nyobain dulu deh....

      Hapus
  4. Aaah, ini bolu sarang semut. Aku suka makannya, tapi... bagian bikin karamelnya itu loh, mbak! Mateeekkkk! Paling parno sama minyak/letupan2 panas dari wajan, huhuhu...
    Setuju sama mbak Titi, kayaknya lebih seru kalo kita nyicip dari yang udah master, yes? Hahaha... *modus ke-2*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. ntar deh kalo bikinnya lagi banyak.. biasanya suka langsung abis aja sm Youri and the gank :)
      Dan sebenernya sih rada gak pede, takutnya ternyata bikinanku ini gak enak menurut lidah kalian... jadi yg aman ya yg dibagi fotonya aja.. *pelit, ngeles pulak x_x

      Hapus
    2. haha... pelit dan ngeles itu kan emang sepaket, mbak... *ngetik depan kaca* :)

      Hapus
  5. Aku pernah bikin sukses mbak, tapiiii di rumah biasa aja maksudnya anak anak makan ntapi gak nambah akhirnya Edi yg ngabisin. Anak-ku ngerasa ketipu kayaknya, pas lihat mateng dia kira ini coklat dan semangaaat banget eh ternyata rasanya beda hihihi padahal dah dari awal kukenalkan ini bolu karamel, mereka he-eh he-eh aja dan semangat ngasih piring masing-masing, pas hap hap hap baru mukanya saling berpandangan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... saling berpandangan doang? kalo Javas udah langsung bilang, gak mau, gak suka! :p
      Aku udah lamaaa banget gak bikin ini, jadi pas tiba-tiba kangen ya bikin lagi.. Suamiku suka kok... jd ada yang ngabisin haha...

      Hapus
  6. Hahahamembayangkan Ephraim dan Gaoqi berpandangan. Itu berarti sama kayak aku kalau kecele ternyata bolu karamelnya tidak seperti yang kubayangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ngebayanginnya rasanya gimana mbak? benchmarknya bolu karamel bikinan siapa?

      Hapus
  7. Tau tau tau panggan ituuu.. skrg masih dijual gak yah? Lumayan klo g ada oven tetep bisa bikin boluuunyaa..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... bener ya aku juga jadi pengin punya panggangan ituu... kan praktis ya, gak perlu pake oven...

      Hapus
  8. Mbak, saya lg gugling bolu karamel trus nyasar ke sini... Hmm cara bikinnya rada beda ama resep2 yg lain.. Tp pertanyaan saya, susu kental manisnya kapan dimasukinnya mbak? Dan diapakan dulu? Soalnya klo di resep2 lain, susu + margarin + telur dimixer sampai putih, baru ditambahkan tepung.. Makasih ya mbak utk pencerahannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyaa... kelewat... makasih ya atas koreksinya. sekarang udah diedit tuh.
      susu dicampurkan ke dalam adonan terigu + telur + karamel.

      Hapus
  9. Tq resepx, sy. Suka bgt bolu karamel

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...