Senin, 02 September 2013

Singkong Goreng Meletus dan Singkong Thailand


Biar terlihat meyakinkan pakai background souvenir dari Thailand :p


Sabtu pagi seperti biasa aku ke warung Abang Batak di dekat rumah untuk belanja mingguan sayur dkk. Si Abang Batak yang ramah murah senyum dan selalu berbahasa Sunda (dengan logat Batak tentunya) menawariku singkong. 

Singkongnya lagi bagus-bagus ni Bu, katanya. 

Aku gak tau bagaimana cara memilih singkong yang bagus dengan melihat penampilan luarnya. Katanya sih yang kulitnya keriting seperti terkelupas - kelupas itu yang bagus, tapi ternyata belum tentu juga. Pernah kubeli singkong berkulit keriting ternyata gak bagus,  mogol,  ngganyong (Apa sih istilah yang tepat untuk singkong yang gak pulen atau gak mempur ituuu?). 

Cara bodohku untuk mengetahui bagus enggakmya singkong ya dengan cara merebusnya. Rebus sepotong kecil singkong,  dan lihat hasilnya.  Kalau mempur bagus ya berarti enak dibikin apa saja,  kalau mogol / ngganyong enaknya diparut dibikin ketimus/kelemet atau dibikin misro atau combro. 

Singkong yang mempur.
Kubeli 2 kilo singkong si Abang, rencananya mau kurebus kubikin singkong thailand. Tapi suamiku mimta singkong goreng. Baiklah.... Kubikin 2 macem saja, toh ngerebusnya bisa sekaligus. Rebus singkong sampai matang, bagi dua. Satu bagian direndam air bumbu bawang, satu bagian lagi yang masih di panci ku tambahin gula dan santan.

Aku lihat cara membuat singkong goreng yang empuk di abang tukang Singkong Meletus di jalan Kiaracondong. Dulu ketika tukang  singkong goreng belum sebanyak sekarang, singkong goreng di jalan Kiaracondong itu selalu ramai pembeli.  Bahkan aku inget pernah beli singkong di situ dan diberi nomor antrian. Hehe macam ke dokter saja ya.. Mungkin karena dia pernah masuk TV di acaranya Pak Bondan. Kalau sekarang sih udah gak pakai nomer antrian lagi, bahkan sepertinya sepi pembeli.  Mungkin karena sudah banyak saingan (ada singkong melepuh, singkong keju,  singkong murupuy dll yang sebenarnya singkong goreng -singkong goreng juga :)) atau kalah populer dengan gehu pedas atau seblak basah yang sekarang ngehits, atau mungkin juga karena orang orang sudah bisa bikin singkong goreng empuk sendiri? #ehm

Di tukang singkong goreng itu singkong digoreng dulu, kemudian panas-panas direndam dalam air bumbu yang dingin. Ada juga yang bilang bukan digoreng tapi direbus atau dikukus dulu. Aku memilih cara lebih cepat yaitu direbus, dan kemudian dibumbui. Bumbunya seperti yang kulihat di singkong kemasan siap goreng di supermarket. Yaitu garam,  bawang putih, ketumbar,  dan kunyit.


Ini resep nya :
  • 1 kg singkong 
  • 4 siung bawang putih 
  • 1sdt ketumbar 
  • 2 cm kunyit 
  • 1 sdm garam
  • 2 gelas air 
Caranya :

Rebus / kukus singkong sampai matang.
Haluskan bumbu, tambahkan air.
Masukkan singkong rebus ke dalam air bumbu,  biarkan dingin, tiriskan.
Goreng sampai matang kecokelatan.

Kalau kebanyakan,  simpan sisa singkong di kulkas , dan bisa digoreng sewaktu waktu.




Dan ini resep singkong thailandnya.  Walaupun belum seenak singkong thailandnya Hanamasa, tapi ya lumayan lah daripada harus ke Hanamasa demi singkong thailand (dapet singkong sekarung kali yaa.. hihi...)

Bahan:
  • 1 kg singkong
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 gelas santan kental
  • 1/2 sdt vanili bubuk (atau 2 lembar daun pandan)

Caranya :
Rebus singkong sampai matang, masukkan gula, garam, vanili dan santan.  Aduk, didihkan kembali dan angkat.

Sebenernya mirip kolak singkong ya. Bedanya kalau kolak pakai gula merah dan santan nya banyak.

Kue Cente Manis. Foto dari sini.
Singkong thailand yang di toko kue Kartika Sari lebih unik lagi, berpenampilan seperti kue Cente Manis, dibungkus plastik kecil. Jadi kayanya singkongnya dipotong dadu kecil trus direbus pakai gula dan toping santannya dimasak terpisah, dikentalkan dengan maizena.  Enak juga sih. Legit. Dan cantik tentu saja. Tapi belum pernah kucoba yang model begini,  males bungkusinnya hehe....


11 komentar:

  1. mbak, ini sih namanya menaruh cuka diatas luka, nih. Periiihhh..
    wong puding oreo aja belum (SEMPAT???) dieksekusi, udah pula ditambah menu baru yang bikin ngiler... huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok cuma cuka siiiih... sini kutambahain garam dan merica hahahha.....
      Ini mah cuma singkong goreng dan singkong rebus doang.. gampiiill... yang penting dapet singkongnya bagus, pasti enak.

      Hapus
  2. Oooo, ini tampilan singkong thailand yang kemarin diomongin Mak Sondang ^_^.. tosss dulu mbak tituk, menu favorit di rumah ya sekitaran singkong ini... yang paling heits ya singkong goreng.. kalo yang seperti thailand ini, aku bikinnya pake gula jawa, tapi anak-anak gak terlalu suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya gak kaya gitu Ka, santennya itu dipisah, jadi topping di atasnya.. lebih cantik deh.. Berhubung pengin cepet yasudah kemarin itu santennya kucampur sekalian, jadinya ya kaya gitu itu,, hihi maapkeun...

      Hapus
  3. Mau doooong... kolaknya :D
    *dilempargajah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih sayang dong mbak, itu kan oleh2 kakakku dari Thailand.. (Walo nyesek krn yang lain dpt kaos aku cuma dapet cermin sm pembatas buku huhuhu... Tapi gak papa sih, pernah dpt selimut sulam gajah gitu.. Tp sampe skrg blm dipake :)). #kokjadingomonginoleh2thailand?

      Hapus
  4. My faveeeeee, singkooong. Ih aku akan cobaaa, di Sari sari faveku itu singkong Thailand mbak, kalo ke sana pastiiii beli itu. Itu yg paling mahal pula menurutku cemilan di sana, hahaha 8.500 padahal yg lain kan 2rebuan. Kemarin liat di RJ ada jual singkong nih di deket kasir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata sama2 anak singkong kita... hahaha...
      Ke toko kue bagus2 yang dibelinya singkong... bayar mahal-mahal di hanamasa kenyang sama singkong (kata suamiku rugi amat.. kubales aja, mahal-mahal bayar kok cuma makan bakso hahaha....) ah biarin udah kadung cinta... sama ubi aku juga cinta :))
      Di RJ berapa ya sekilo?
      Pernah liat di Total ada ubi ungu 17 rebu sekilo, padahal kubeli di warung si abang 5 ribu. Di mang2 yg lewat pake sepeda malah 10 ribu dapet 3 kilo. Lagi musim kayanya jadi murah.
      Kalo singkong kan gak pake musim ya?

      Hapus
    2. aku belum perhatiin mbak, kemarin buru-buru dan bawa krucils jadinya lewatin udah terlanjur antri pas rame soalnya. Nanti mau mampir pas pagi, buat percobaan weekend deh. Dulu pernah aku liat yang jualan singkong, kan di sini deket cimenyan, katanya banyak banget yg tanem singkong di cimenyan dan singkong dr cimenyan yg biasa dipake buat bikin peyeum. Eh udah lama nggak lewat si mamangnya. Dulu tapi bikin singkong cuma direbus doang pake gula sama parutan kelapa.

      Hapus
  5. Lucu juga namanya Singkong Goreng Meletus, baru tau nih.. hahaha.. Yummy banget sih, enak tuh singkong goreng dicocol cabe trus makan pake ikan..sllrpp.. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah nyobain tuh makan singkong goreng dicocol cabe dan pake ikan... kayanya enak juga tuh.....
      Gak tau tuh kenapa namanya singkong meletus... malah ada juga yang ngasih nama singkong melepuh hahaha.... rada serem gimana gitu ya ngebayanginnya....

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...