Jumat, 06 September 2013

Mumpung Diskon


Keranjang belanjaku yang didominasi Tipco diskonan :D
Gara-gara Sondang berkali-kali nyebut "Tipco diskonan" dalam postingannya, aku yang pengin dapet diskonan juga (gak mau kalah dong urusan dapet diskon mah :)) siang tadi segera meluncur ke Yogya Riau Junction, mumpung hari Jumat istirahatnya rada lama. Dan benaarr... Tipco beli 1 gratis 1! Semua rasa, semua ukuran. Aku beli 6 kemasan 1 liter, dan 10 kemasan 200 ml dengan harga yang kubayar cuma 3x 1 liter dan 5x 200 ml. Banyak amat Mbak? Ya iyalah... mumpung diskon.

Ada gak sih ibu-ibu yang gak suka diskon? Atau gratisan? Atau berhadiah? Kayanya gak ada ya.. (Jangan menggeneralisir. Pasti ada lah.)
Pernah gak beli sesuatu yang gak perlu atau gak direncanakan cuma karena tergiur diskonnya atau hadiahnya? Kok aku rasanya sering yaa... (memalukan gak siih... :D)

Aku pernah beli hand sanitizer dan gantungan lucunya itu (padahal aku gak perlu) seharga 30 ribu hanya demi menggenapi belanjaku yang kurang 5 ribu biar berkelipatan 50 ribu demi mendapatkan selembar kupon undian plus kupon yang harus dikumpulkan 25 lembar demi mendapatkan sebotol kecil (500 ml?) minyak goreng.

Sebelum Lebaran kemarin, aku ke Matahari nyari baju biru buat Aa Youri. Ada tulisan gede-gede, belanja 300 ribu produk fashion berhadiah voucher belanja 100 ribu. Tergiur dong? Pasti. Jadinya belanjaanku yang cuma 250 ribuan kugenapi biar mencapai 300 ribu. Aku beli sepatu bayi untuk Jindra (yang harganya 80 ribu tapi diskon 50%) dan 10 ribu lagi kubeli kaos dalam Javas. Dan kudapatlah voucher belanja 100 ribu itu, yeay! Etapi.... ternyata ada syarat dan ketentuan berlaku dong.. Voucher hanya berlaku pada hari itu, barang-barang yang bertanda khusus, dan minimal belanja 200 ribu. Ya sudah, aku terpaksa belanja lagi. Kalo vouchernya gak dipake kan sayang, lha wong dapetinnya pake perjuangan :). 

Dan ternyata barang bertanda khusus itu kebanyakan barang seharga 150 ribuan, dan beli 2 gratis 1. Gak mungkin cuma beli 1 kan? Gak mencapai 200 ribu. Lagipula kalo beli 1 sayang kan tawaran beli 2 gratis 1-nya? Muter-muter milih-milih sampai kaki pegel. Ada baju muslim, celana panjang, kaos... Pilih apa ya? Gak nemu-nemu. Temenku yang entah kasihan atau udah capek menemaniku belanja akhirnya ikutan belanja, dan digabunglah belanjaan kami. Akhirnya kudapat barang yang cocok, celana panjang buat Aa Youri. Dan ketika bayar di kasir, kami dapet lagi voucher 100 ribu karena belanjaan kami mencapai 300 ribu. Dipakai lagi? Kagak! Sorry yaa... gak mau terjebak lagi. (Hihi.. padahal karena kaki udah gempoor....)

Jadi, sebenernya diskon, hadiah, atau gratisan itu menguntungkan siapa? Konsumen, atau pengusaha? Kalo dipikir-pikir kok kayanya tetep pengusaha yaa.. Lha wong kita yang tadinya gak niat belanja jadi belanja. Yang gak terlalu butuh, dibeli juga. Yang tadinya cuma mau beli 1, jadi beli 2.

Jelas pengusaha yang diuntungkan. Tapi kita sebagai konsumen diuntungkan juga sih.... karena bisa dapet barang dengan harga lebih murah, atau bahkan dapet barang gratisan.

Pernah dirugikan? Pernah doong... 
Jadi ceritanya Sabtu kemarin sepulang dari acara rapat ortu - guru di sekolah Aa Youri aku mampir ke Toserba Griya, biasa lah belanja mingguan. Beli buah, susu, telur, sabun dan ini itu. Oh ya, minyak goreng juga. Kan aku punya voucher belanja Rp 2.500 yang berlaku untuk pembelian minyak goreng merk apa pun, dan voucher itu berlaku sd tanggal 31 Agustus (hari Sabtu kemarin itu). Minyak goreng di rumah masih ada 2 pouch lagi, tapi karena sayang dari pada voucher hangus gak papalah kubeli minyak goreng, toh minyak goreng bisa disimpen, gak basi ini.
Dan susu Hilo Teen buat para abege kubeli yang kemasan gede 750 gram, karena berhadiah mug. Kalau kubeli kemasan 300 gram (seperti biasa) sayang kan gak dapet mug. Toh susu juga awet lama, bisa disimpen.
Antrian di kassa agak panjang, jadi aku dan dua krucils keluar duluan, suamiku yang ngantri bayar. Eh di depan ada yang jual VCD... jadi sambil nunggu lihat-lihat VCD dan beli VCD Teletubbies pilihan Javas. Di mobil langsung disetel film Teletubbies itu, aku dan suamiku cekikikan aja lihat Javas yang begitu excited-nya nonton Teletubbies, inget 10 tahun yang lalu menyaksikan Kakak dengan ekspresi yang sama ketika nonton Teletubbies (padahal apa sih menariknya cerita Teletubbies? :p)

Tiba-tiba aku inget.....
Hadiah mug belum diambil....
Bayar minyak goreng gak pakai voucher....
Dan kami sudah di mobil, nonton Teletubbies, jauh meninggalkan supermarket.
Huaaa.... rugiii.... rugii....



28 komentar:

  1. hahahahah, ngakak sendirian malem2 gini, hidup diskonan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup voucher belanja gratis! (Walo cuma dua rebu lima ratus kok ya tergiur ya :))
      Hidup hadiah piring dalam deterjen! :p

      Hapus
  2. hahahaha.... itu matahari yak, daku kalo pulang trs ke matahari jg jadi gatel untungnya disini ga ada model begitu,voucher diberikan dengan ikhlas, hanya waktunya biasanya 3 hari sesudahnya, jatuh di weekdays eaaaa wkwkwkw. Yg asli kasih ikhlas cuma kalo CNY saja. Kalo diskonan jarang tergiur, tapi kalau perlu beli sesuatu jadi ada kata2 ntar nunggu diskonan aja hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Ini yang lucu, sok2 gak tergiur diskonan tapi teteup kalo perlu beli sesuatu ditunda dulu sampe ada diskonan haha..
      Eh ada gitu yg ikhlas ngasih voucher? Di malay ya? Di sini sih pasti ada syarat dan ketentuan berlaku. Apa diriku kalau belanja ke malaysia aja ya, kayanya menarik tuh... :))

      Hapus
  3. Wkwkwk... aseli lucuuuu banget Mbak, memang yah mumpung diskon. Saya juga pernah eh sering gitu :D Salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oci.. Toss ah, sesama suka aji mumpung, mumpung diskon :p
      Salam kenal juga...

      Hapus
  4. Hihihi, perempuan sepertinya di mana-mana suka dengan diskon ya :)
    Aku juga kalau tau ada diskonan terutama diskon minyak goreng, pasti dikejar deh sampai dapat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak goreng dan sabun cuci ya mbak.. Aku gak pernah setia pada satu merk tuh.. Tapi setia pada yang lagi turun harga haha...
      Toh rasa masakan gak dipengaruhi oleh merk minyak gorengnya ya mbak ;)

      Hapus
  5. Hai mbak tituk, masih kalah dong sama aku. Dapat tipco gratisan. Xixixi jadi gak keluar duit tapi dapat tipco dempetan 2 lt.
    Trus si undian toko besar itu tidak membuatku tergiur belanja ke sana tuh. Asa teu iklas pisan, belanja 50rbx25 alias 1250rb 'cuma' dikasih sabun seliter. Klo belanja barang plastik ke aku segitu aku kasih diskon 250rebu lhooo hahahaha dan sekali lagi aku dapat gratisan sabun seliter dr mba Uus gegara aku punya bbrp lembar kupon hasil belanja Abi yg kuberikan padanya krn dia mau nuker payung. :D. Asyiik kaaan ? Kan ? Kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikasih diskon 250 ribu sih seneng mbaak.. Tapi masa sih tiap bulan harus belanja wadah plastik kerenmu itu? Trus aku nyuci pake apa, goreng pake apa? :p
      Dan masalah keberuntunganmu dalam mendapat rejeki, itu tetep bikin aku ngirii, sering banget dpt hadiah siih.. Eh btw yg wkt itu minta inbox alamat kok gak ada tindak lanjutnya yaa..

      Hapus
  6. oalah tipco itu juice ya haahaha :) aku baru sadar. belii juga ah *latah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai noni.. Pasti rada2 mikir pas baca postingannya sondang. Tipco lagi tipco lagi, apaan sih ni tipco..
      Jadi udah beli juice apa? Brokoli, kiwi, mixed veggie, jeruk,atau pomegranate? :D

      Hapus
  7. namanya aja emak2 ya mbaa Tituk, dimanapun tempat kalo tahu ada super obral apalagi DISKON gedhe or gretongaan,,,ya langsung SERBUUUU :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... suka mikir mumpung diskon, kapan lagi? Padahal diskon itu SERING ada hahaha....

      Hapus
  8. buahahahahahahahahaha *numpang ngakak

    BalasHapus
  9. huahahaha... Kayak Kadek, ikut ngakaaaakkk...
    *trus diem dilempar Tipco*
    Mbaaakkk, dulu aku pasti nggak tahan sama diskonan diaper. Pernah di rumah numpuuukkk itu diaper hasil hunting diskonan. Tapi teuteuuppp, tiap ada diskon diaper favorit, beli lagiiii...! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa.... dulu diaper itu favorit banget diskonannya, sampe dibela-belain tiap Jumat baca Tribun Jabar atau PR demi nyari info toko mana yang diapernya diskon haha...
      Dan samaa... diaper sampe numpuk, bahkan diaper Javas dulu masih ada 1 pak isi 48 sampe sekarang (rencananya mo dipakein ke Jindra tp Jindra size-nya belum L, msh M) gara-gara nyetok banyak dan ternyata gak kepake karena Javas berhasil dididik lepas diaper sama eyang.
      Klo sekarang sih gak terlalu ngincer diaper, kan pake clodi... Walo tetep beli klo lg diskon gede, dan kalo lg gak ada diskon belinya yg isi 10 ajah :D

      Hapus
  10. huahahahaaha mbak, aku juga kalo diskonan yang worth it begini semangat banget. Coba aja deh, kalo beli Tipco harga normal kan 32 rebu, kayaknya beli sebiji habis dua kali minum sekeluarga, rasanya gimana gitu cuma buat minuman iseng. Tapi kalo jadi 15 rebu kan ya rasanya mureeeee. Aku switch dari uang yg biasanya beli yoghurt, jadi selama 2 minggu ini kami nggak beli yoghurt.
    Trus Nutella Mbak, di RJ itu 54 rebu, di Superindo Dago 48 rebu. Ini bukan diskon tapi beda harganya kerasa bow ihik parkir gratis pula kan superindo, searah pula. Pokoknya selisih harga itu bikin perasaan merasa berhasil berhemat *padahal seringkali perasaan ini semu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tipco diskonan jatuhnya jadi lebih murah daripada Buavita.. Lumayan bangeeet... Ni tipco kan biasanya nyetok buat aa Youri yang susaah banget makan buah dan sayur, walo dibikinin jus pun, tappi kalo jus kemasan gini dia mau, gak papalah dari pada gak sama sekali. Dan berhubung diskon ya skrg bukAn cuma si aa yg minum, semua ikuut...
      Nutella emang mahal yaa.. (Tapi rasanya pun 'mahal'). Dan itu selisihnya kok lumayan bangeet.. Jadi pengin ke superindo.. :D

      Hapus
    2. Racuuun ini postingannya bikin pengen belanja aja nih. Eh itu Nutella diskonan di Superindo Ujung Berung harganya segitu juga ngga ya? Hahahaha...

      Hapus
    3. Kayanya sama Anin... eh gak tau deng, belum pernah survey :p

      Hapus
  11. Welcome to the club... club pecinta diskonan ^_^.. aku juga pecinta minyak goreng, sabun cuci dan diaper diskonan.. sampe yang ngapalin hari kapan ada diskonan di mana, hihihihi. Iya setuju... berasa mencoba hemat.. padahal gak tau juga sebenarnya lebih hemat atau malah jadi lebih boros

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa.. Bahkan aku sampe gak peduli merk (ada 4-5 merk yg kupakai) utk minyak goreng dan sabun cuci ini, yg penting diskon, atau BERHADIAH hahaha..
      Tapi klo diaper cuma pake 1 merk ajah, jadi ya kalo lg gak ada diskon belinya kemasan kecil ajaa.. Dan lagi pula skrg jindra pake clodi, diaper jarang, cuma dipake malam dan bepergian.

      Hapus
  12. Yang namanya diskonan emang racuuuuun mbak hehehehe. Apalagi si dept store itu, kayak yang mba Tituk bilang, belanja berapa ratus ribu dapat voucher potongan 100rb tapi harus dipake saat itu juga. Aku pernah kayak gitu, kebetulan emang lagi ada yang mau dibeli jadi ga rugi-rugi amat kan, jadi belanjanya setengah-setengah biar bisa dapat potongan itu :p dan tadi malam baruu aja aku ngalamin lagi, niatnya pengen beli pembersih muka aja, cuma karena lagi ada promo bonus pouch atau 1 set make up brush gitu yang dibeli jadi nambah ini itu dan di luar budget. cari pembenaran deh akhirnya, emang lagi butuh make up brush baru :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.... teteup aja yah... walopun tahu promo ato diskonan itu 'jebakan' tapi gak kapok2 dan nyari2 alesan ato pembenaran :p

      Hapus
  13. Tujuan diskonan kan emang buat itu mbak.. yg tadinya ga mo beli jadi beli :p Tpi klo mmg yg dibutuhin sih kita konsumen juga untung yah.

    Sayang bgt yah ga kepake voucher nya, mug nya juga.. haha.. Jadi pengingat buat kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerr... pelajaran berharga, haha... jangan sampe lain kali mug lupa gak diambil :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...