Senin, 16 September 2013

Avocado Ice Cream & Es Krim Nangka


Siapa yang suka es krim?
Sayaaaa...!!
Wah banyak banget yang jawab ya, anak-anak, ibu-ibu, remaja, lansia daaan aku!

Aku suka es krim, terutama yang rasa tradisional Indonesia. Rasa standar seperti vanila, coklat, strobery gitu gak terlalu suka, apalagi merk-merk ngetop seperti H**gen D***,  Bask** Rob***, gak suka. Gak suka bayarnya, mahhall.... hahaha...

Dan sebenernya ada es krim rasa tradisional Indonesia yang enak banget, namanya Es Krim Gentong. Tapi sayangnya mahal juga untuk ukuran kantongku. Dulu pertama kali nemu es krim ini di PVJ (Paris van Java) Mall, aku langsung jatuh cinta. Enaak deh.. Rasanya asli banget. Maksudnya asli tuh gini, yang rasa duren ya duren banget, alpukat ya kerasa banget alpukatnya, nangka ya kerasa banget nangkanya, bahkan potongan alpukat atau nangka itu nongol di es krimnya, wuiih seksi deh.. :D

Lagi mikir-mikir pengin bikin es krim alpukat sendiri, eh temenku Lina posting resep Es Krim Durian. Dan baca cara membuatnya aku langsung semangat, gampang banget!

Javas bantu bikin es krim, bantu jilat :D
Di resepnya Lina itu pakai 250 gr whip cream. Aku beli whip cream bubuk Pondan, isinya 150 gr, dan menurut petunjuk di kemasannya harus dikocok dengan 250 ml air es. Berarti kira-kira jadi 400 gr whip cream kan? Ya sudah kubikin 2 resep es krim saja, satu alpukat, satu nangka. Kebetulan dapet nangka bagus-bagus dari Sunday Market alias pasar kaget Minggu pagi tadi di bunderan lapangan tenis.

Jadi satu resepnya kupakai kira-kira 200 gr whip cream. Gulanya kutambahi untuk resep alpukat, kalau yang nangka enggak, karena kupikir nangka dan duren kan sama-sama manis.
Aku gak pakai gelatin karena gak punya, dan kata Lina gak ngaruh kok gak pake gelatin juga.

Hihi.. Nekat ya, baru pertama kali bikin es krim tapi sok-sok ngerubah resep yang dicontek. Pikirku kalopun gagal ya tetep bisa dimakan kan, minimal jadi milk shake haha..

Daan ternyata enaak Sodara-sodara.. So creamy.. Mmm.. Mmm.. W*lls atau Ch**phina mah lewaaat... Lewat depan rumah, maksudnya. ;)

Cobain yuuk...


Bahan es krim alpukat:

300 gr daging buah alpukat
150 gr gula
100 ml susu cair
200 gr whip cream

Cara membuat:

Blender alpukat, gula dan susu sampai lembut.
Kocok whip cream sampai kaku, campurkan alpukat, aduk rata, bekukan.



Bahan es krim nangka:

300 gr nangka (tanpa biji)
100 gr gula
100 ml susu cair
200 gr whip cream

Cara membuatnya sama persis dengan es krim alpukat. Karena aku suka es krim yang lebih bertekstur dan 'seksi' (kelihatan buah aslinya) gak semua bahan kublender. Kupisahkan 5 buah nangka, potong dadu kecil, dan dicampurkan terakhir ke adonan es krim.



20 komentar:

  1. Balasan
    1. iyaa... beda enaknya kalo bikin sendiri, enak dan seneng..

      Hapus
  2. Iiiiihhh.... ganciil pisaaan.... tengkyu mbaaak... makasih juga dirimu rajin bewe hehehe bisa dapetin yang gini gini niih..
    *tester Rabu tetap ditunggu. Hahaha *tertawa jahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bewe mbaak.... aku emang follow Lina kok... temenku SMA... resepnya keren2 dan gampang..
      ayo nyobaa...

      Hapus
  3. Nyam nyam nyam.... bagi dong mbak Tituk, hihihiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nii udah kubagi kan? resepnyaa.... :D

      Hapus
  4. Dan aku makin saluuuttt sama mbak Tituk yang rajiiinn banget cobain resep baru..
    Eh tapi Mbak, akhirnya...ada juga resepmu yang nggak bikin aku ngiler. Resep es krim ini, karena eh karena... aku nggak doyan alpukat, hahaha...
    Eits, tapi jangan sampe pak Myko baca postingan ini juga, beliau doyan beraaat sama alpukat dan nangka, hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok bisa sih... padahal aku suka banget alpukat, gak dijus ato dicampur apa2, suka kucemilin kaya makan pisang gitu....
      Ih padahal tadi IHT aku duduk sebelah Myko.. tau gitu kukomporin biar dirimu nyoba resep ini.. hahaha...

      Hapus
    2. aduh, jangan doonggg...!
      Ngupas alpukat itu salah 1 pengorbananku khusus buat A3 sajaaaa... bapaknya silakan urus sendiriiii.. huhahaha....

      Hapus
    3. ada apa dengan alpukat sih... kok segitu gak sukanya, sampe ngupasin aja disebut pengorbanan, hahahha......

      Hapus
  5. syenengkan bisa bikin es krim sendiri huenak di lidah huenak di kantong hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuul.... enak di kantong itu bikin rasa enak di lidahnya bertambah ya Lin, hahaha....

      Hapus
  6. Resepnya mudah nih. Tapi, sayang baru punya satu blender dan dipakai untuk blender daging. Mau coba yang step pakai blender diganti dengan mixer :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus pake blender bisa kok... alpukatnya dibejek2 aja,, malah kalo aku suka es krim yang ada grindilan buahnya gitu... coba deh...

      Hapus
  7. pake stroberi bisa kali ya mbak. Trus dikau cari alpukat di mana? Harus yang mateng beut gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih aku juga udah kepikiran pengin nyoba stroberi... atau melon, atau mangga. trus susunya kuganti yoghurt... kayanya syegerr....
      Pengin nyoba juga kacang merah, trus pake santen...
      Alpukat aku biasa beli di tukang buah pinggir jalan, ada langgananku yang alpukatnya tuh bagus2.. klo beli di supermarket suka gak mateng, malah busuk..

      Hapus
  8. saya baru tahu mak, ada es krim merk Gentong. Di semua supermarket ada ga mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo di Bandung ada di PVJ & Riau Junction.. Gak di supermarket, tapi dia punya booth sendiri..

      Hapus
  9. maaf mbk,,,,ada gk resep minuman enak tpi unik....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...