Senin, 10 Juni 2013

MPASI : Bubur Beras Merah Tempe

Setelah pisang, MPASI kedua Jindra adalah Bubur Beras Merah Tempe. Kenapa bubur beras merah? Karena beras aman dan jarang menimbulkan alergi. Kupilih Tepung Gasol Beras Merah sebagai bahannya, karena Tepung Gasol ini terbuat dari beras merah organik yang masih memiliki kulit ari. Kubikin sekaligus untuk beberapa porsi pemberian, biar praktis. Kusimpan di freezer dan nanti tinggal dihangatkan menjelang diberikan.

Percobaan pertama lumayan, berhasil masuk setengah porsi. Javas yang penasaran dan amazing karena adiknya sudah mulai makan bubur, mencicipi buburnya Jindra. Dan.... "Yaks.. gak enak!", katanya.... Hahaha... ya iyyalah A, bubur Jindra ini plain tanpa rasa karena gak kutambahkan garam dan gula. Berdasarkan beberapa artikel yang kubaca, makanan bayi tidak perlu ditambahi garam maupun gula karena garam dan gula tidak memberikan tambahan nutrisi, tetapi akan memperkenalkan suatu standar rasa enak pada lidah. Pemberian garam pada makanan bayi akan membuat ginjal bekerja berat. Sedangkan pemberian gula pada makan atau minuman bayi akan mengakibatkan kerusakan pada gigi saat gigi susu bayi tumbuh. Sabar ya De, nanti deh beberapa bulan ke depan baru kenalan sama garam dan gula... dikit-dikit aja tapi..

Bahan:
  • 50 gram Tepung Gasol Beras Merah
  • 50 gram tempe
  • 700 ml air
Caranya:
  • Blender tempe sampai halus, campurkan tepung beras, aduk rata, jerang di atas api, aduk sampai matang (kurang lebih 10 menit), angkat.
  • Catatan : Kalau  tepung dimasukkan ke air mendidih akan timbul gumpalan dan sulit dihaluskan. Jadi tepung dan air harus diaduk dulu pada suhu ruang.
 
 
 
 
 

1 komentar:

  1. Terima kasih yah Bunda yang telah berbagi resep. Izin share yah Bun.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...