Senin, 03 Juni 2013

Mie Dingin

foto dari sini
Setelah sop buah, kini tampaknya 'mie cool' alias mie dingin yang lagi ngetop di Bandung. Setidaknya jajanan itulah yang kini sering dibeli anakku. Gerobak dagangnya  banyak, tersebar di setiap sudut jalan. Merk dagangnya pun bermacam-macam. Ada Ureshi, Mie Kuul, Origami, dll.

Mie dingin sebenarnya adalah es jeli aneka rasa buah. Disebut mie karena jelinya diserut panjang menyerupai mie. Di beberapa pedagang malah kita dikasih sumpit untuk menikmati 'mie'nya. Selain jelly berbentuk panjang, terdapat juga nata jelly aneka bentuk, aneka warna. Ada yang berbentuk telur ceplok, baso, bunga, bintang, bahkan mobil-mobilan atau pesawat. Tampilannya yang warna warni tentu saja menggoda mata anak-anak. Selain tampilan yang menggoda, rasanya yang manis segar membuatnya laris manis. Harganya pun tidak terlalu mahal. Satu cup ukuran sedang harganya lima  ribu rupiah. Hmm..dengan harga segitu, kira-kira pakai pemanis buatan gak yaa?? Jadi pengin bikin sendiri biar lebih aman.

Caranya gampang kok. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Cukup sediakan 1 bungkus jelly bubuk, gula pasir, nata jelly aneka bentuk siap pakai, dan sirup rasa buah sesuai selera. Boleh ditambah irisan buah seperti strawberry, nanas, kiwi, melon, dll. Selain menambah kesegaran, penambahan buah bisa menjadi trik 'penyamaran' bagi anak yang tidak suka buah. Boleh ditambahkan juga cincau hitam (yang rasa jeruk lebih sip, kalau ada), dan selasih.

Masak sebungkus jelly bubuk sesuai petunjuk yang ada di kemasannya ( tapi kurangi pemakaian gulanya), dinginkan. Serut panjang dengan menggunakan kerokan kelapa muda, atau parut sawut.

Susun mie jelly di mangkuk, tambahkan potongan buah, nata jelly aneka bentuk, es serut (es batu), dan sirup rasa buah. 

Siap dihidangkan. 
Cobain deh, segeerrr.....

9 komentar:

  1. iiih.. kayaknya gampil banget bikinnya... pengen nyobain, kalo diseruput pas panas2 pasti manteppphhh... :D

    BalasHapus
  2. Betuulll.... cuma nyampur2 doang kok.... dan emang segerrr.... diminum malem2 juga seger kok... kan sekarang malem2 juga gerahh...

    BalasHapus
  3. Mau coba ahhh kalao ke bandung :) seger kayaknyaa

    BalasHapus
  4. setahu saya mie dingin tuh di Korea juga ada,, hmm tp lupa saya namanya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow... jangan2 memang asalnya dari Korea yaa....

      Hapus
  5. o? belom ada tuh di daerah saya.
    hm... gampang juga ya...
    cobaa ahhh
    salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu ke TSM gak nyobain mbak? hihi... di mall mah gak ada kali yaa... lha wong ini jajanan pinggir jalan... :)
      tapi nyoba bikin sendiri gampang banget kok..

      Hapus
  6. Terimakasih atas informasinya ka :)
    http://kedaiacemaxs.com/ace-maxs/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...