Senin, 24 Juni 2013

Bakpao Rendang


Libur tlah tiba... Libur tlah tiba... Hore.. Horee....
Anak-anak sudah mulai libur panjang, mamanya sih teteup... Gak ada libur panjang kecuali cuti hehe..
Bikin apa ya mumpung lagi pada ngumpul di rumah? 
Hmm..Mikser yang rusak masih belum diperbaiki, berarti harus bikin sesuatu yang tidak perlu menggunakan mikser. Bakpao. Ya,bakpao. Udah lama gak bikin bakpao. Biasanya aku bikin bakpao isi kacang hijau atau isi ayam, sekarang aku mau bikin bakpao varian baru, bakpao isi rendang.
Resep bakpaonya menggunakan resep yang biasa aku pakai untuk Bakpao Kacang Hijau atau Bakpao Ayam. Hanya isinya saja yang kuganti.
Ternyata enak lho... Beneran, enak. Mungkin karena rendangnya emang udah enak sih, hihi... Aku pakai rendang kemasan siap pakai yang rasa original, gak pedes, jadi anak-anak pun suka.    


Bahan: 

Bahan Biang:
  • 500 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 bks / 11 gr ragi instan
  • 300 ml air
Bahan lain:
  • 300 gr tepung terigu protein rendah
  • 2 sdt baking powder
  • 150 gr gula bubuk -> aku pakai gula pasir
  • 100 gr mentega putih -> aku pakai mentega biasa (kuning)
  • 100 ml air
Isi: 
  • 300 gr rendang, suwir-suwir dagingnya -> pilih rendang yang kering, tidak berkuah
 

Cara membuat:

  1. Adonan Biang: Taruh tepung terigu dan ragi dalam mangkuk, aduk rata lalu tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tutup adonan dengan plastik atau serbet lembap, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam sampai mengembang 2 kali lipat.  
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, gula, dan mentega ke dalam adonan biang. Uleni lagi sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan rata dan kalis.
  3. Setelah kalis, ambil adonan kira-kira lebih besar dari bola pingpong atau timbang adonan masing-masing 30 gr lalu bulatkan. Diamkan lagi 10 menit.
  4. Ambil satu bagian adonan, pipihkan, isi dengan rendang, bulatkan lagi.
  5. Letakkan tiap bagian di atas potongan kertas roti atau mangkuk kertas.
  6. Panaskan panci pengukus sampai airnya mendidih, lalu kukus bakpao selama ± 15 menit. 


Resep ini diikutsertakan dalam Giveaway Randang Padang Restu Mande, Fanpage :https://www.facebook.com/restumande?ref=tn_tnmn dan Twitter @restumande.

10 komentar:

  1. Balasan
    1. alhamdulillah memang enak.... :)
      Cobain yuk Bun....

      Hapus
  2. aku belum pernah bikin bakpau dan roti2an, males euy.. nguleninnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tugas anakku mbak... hehe... anakku suka tuh kalo disuruh nguleni... kaya main lempung kali yaa...
      Tapi diuleni sendiri juga cepet kok mbak, paling cuma 10-15 menit aja..
      Olahraga tangan mbaak.... :D

      Hapus
  3. Wah, ini perlu dicoba nih. Eh, kenapa pakai yang protein rendah? Apa nggak keras jadinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai protein tinggi bakpaonya kurang lembut, berongga gede-gede mbak... Bakpao kan agak padet ya dibanding roti2an lain.
      Aku juga tadinya bingung, soalnya kan roti2an biasanya pake protein tinggi ya..
      tapi di kemasan terigu kunci biru, salah satu contoh resepnya adalah bakpao.. Jadi ya aku nurut aja hehe...

      Hapus
  4. makasih mak untuk share resepnya, ijin follow blognya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga udah follow.... mudah2an memberi manfaat.

      Hapus
  5. mbak, emang masih ngincer kamera..?
    Perasaan foto2 di blog ini udah keceh2 sekaliiii, jd kameranya pastinya udah keren, dongggsss...!
    tapi nggak papa, kudoain menang, nanti kameranya lelang murah, ya... *siap2 nampung*
    hahaha.... (doa berbayar) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiih... namanya hadiah mah mau aja laah... gratisaan... hihi...
      Yang diincer pasti hadiah utamanya kaaan?? walopun kalo dapet hadiah yang bukan utama juga tetep jingkrak2 seneng :p

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...