Jumat, 28 Juni 2013

Ayam Goreng Tradisional


Ayam goreng. Kayanya semua ibu yang memasak di rumah pernah (bahkan sering) memasak ayam goreng, dan punya resep andalan masing- masing. 
Aku pun pernah mencoba aneka resep ayam goreng. Mulai dari ayam goreng kalasan, ayam goreng lengkuas, resep ayam goreng ibuku, resep ayam goreng mertuaku, resepnya Mbak Sumi (tukang masak andalan di kampungku, kalau ada hajatan pasti Mbak Sumi ini dipanggil), dan aneka resep yang kutemukan di majalah atau tabloid masak memasak. Dan setelah berbagai eksperimen itu, aku sudah punya resep ayam goreng andalan. Sssttt... rasanya mirip Ayam Goreng Laksana loh... (orang Bandung pasti tau Rumah Makan Laksana). Kuberi nama ayam goreng tradisional sekedar untuk membedakan dengan ayam goreng ala restoran cepat saji yang disebut fried chicken itu (artinya ayam goreng juga kan? :))

Resep tidak mengikat, mau dirubah-rubah komposisinya boleh-boleh aja. Ingat kata Chef Yuda Bustara, 
You are the chef at home. Feel free to adjust any ingredients to your taste. Be creative, make mistakes & learn new things.  
Kata-kata ini bikin pede banget deh.... Pede untuk memasak ala kita sendiri.

Yang jelas saat mengungkep ayamnya pakai api kecil yaa... Ini kunci agar ayam goreng kita itu bumbunya meresap sampai ke dalam. Dan jangan lupa cicipi saat mengungkep. Jangan sampai ayam kita hambar karena kurang garam.

Bahan dan bumbu:
  • 1 kg ayam, potong-potong sesuai selera, lumuri air jeruk nipis, cuci bersih
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 300 ml air
Bumbu yang dihaluskan:
  • 6 butir bawang merah
  • 5 butir kemiri, goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit, goreng
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe
  • Garam secukupnya
Cara memasak:
  1. Masak daging ayam bersama bumbu yang dihaluskan, serai, daun salam dan air. Masak hingga air hampir habis, ayam empuk dan bumbunya meresap. Ingat, gunakan api kecil.
  2. Setelah itu angkat daging ayam yang telah empuk tadi, tiriskan.
  3. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan.
Ayam sudah diungkep, siap untuk digoreng.

Tips tambahan: 
  • Bumbu bisa diblender bersama air (aku males ngulek :D) tapi jangan lupa kemiri dan kunyit tetap harus digoreng dulu agar tidak bau 'langu' <- entah ini Bahasa Indonesianya apa
  • Sisa air rebusan (berupa bumbu kental, bukan air lagi) bisa dimanfaatkan untuk membuat kuah soto ayam. Pernah kuceritakan di sini.
  • Ayam yang sudah diungkep bisa disimpan dalam wadah kedap udara, simpan di kulkas, dan goreng sewaktu-waktu kita butuhkan. Jangan lebih dari seminggu ya nyimpennya :D Ini tips buat ibu bekerja sepertiku yang hanya punya waktu beberapa menit di pagi hari untuk memasak.

14 komentar:

  1. wah bikin ngiler nih, enak pastinya :)

    BalasHapus
  2. mau doong dibawain buat maksi

    BalasHapus
  3. ternyata kita sama, tiap weekend bikin ayam + ati ungkep ini (namanya ungkep bukan sih?)dan tahu tempe di kulkas.. jangan lupa telur jgn sampe ga ada stock... amanlah logistik weekdays...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... ayam diungkep.. ini bahasa Jawa, gak tau bahasa Indonesianya apa :))
      Toss Nuy... sama banget. Ayam dan ati ampela ungkep, tahu tempe bacem (kadang gak dibacem tp cuma digarambawangin aja), ikan (dibumbui garam, bawang putih, kunyit, ketumbar) dan telur wajib ada di kulkas. Khusus ikan disimpennya di freezer.
      Kalo hari Sabtu/Minggu bepergian dan gak sempet masak, ya sudah seminggu itu kita beli lauk mateng :p

      Hapus
  4. Wahhh kita sama suka ayamm hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... gampang dimacem-macemin dan anak-anak pun suka...

      Hapus
  5. mbaaaaaak berhasil, enak. Ternyata selain aku bikin pake blender ngehalusin bumbunya, si garam langsung kutambahin dari awal. Yg dulu garemnya belakangan, macam kalo masak biasa. Ini nyerap bumbunya thankius yes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo berhasil.... Selamat yaaa.... :))
      Emang ngasih garemnya di awal, tapi tetep aja dicicipi bbrp kali (kalo aku), suka gak pede takut hambar hehe....

      Hapus
  6. Bu, itu apinya pas diungkep pake api yg plg kecil? Trs diungkepnya brp lama.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apinya kecil aja, diungkep kira2 45 menit..

      Hapus
    2. Iya apinya kecil aja, diungkep kira2 45 menit..

      Hapus
  7. Kok sama ya? Q juga suka ayam, tapi suka aku tambahin gula dikit

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...