Senin, 20 Mei 2013

Siomay Ayam Udang


Anak-anak suka banget makan dimsum, terutama hakau, tapi mau bikin hakau ragu-ragu, kayanya susah deh bikin kulitnya, dan gak tau tepung tangmien-nya beli di mana hihi... dasar males ya.. Ya sudah deh bikin yang gampang-gampang saja, yang kulitnya pun tinggal beli jadi. Yang penting enak :D

Resepnya dari Chef Yudha Bustara yang ngisi acara Urban Cook di Kompas TV. Kebetulan pas edisi dimsum aku gak nonton, tapi resepnya ada di Facebooknya Urban Cook. Kulihat sekilas resepnya dan aku yakin aku harus bikin dua resep, lha wong rakyatnya banyak hihi...

Dan hasilnya bener-bener enak loh... beda banget sama siomaynya Abang-abang yang lewat hihi... Ya iyyalah.. siomay ini mah ayam dan udang semua.. Kalo di Abang-abang kan aci semua :). Aku suka teksturnya yang crunchy itu.... nyam nyam.....

Bahan-bahan:
• 125g daging ayam cincang
• 125g udang kupas dan dicincang
• 1 daun bawang, cincang halus
• 1 sdm jahe parut segar -> aku pake 1 sdt
• 1 sdm soy sauce/ kecap asin
• 1 sdm arak Cina, jika suka -> aku gak pake
• 1 sdt minyak wijen
• 2 sdt tepung jagung /maizena
• garam dan lada hitam -> aku tambah 1/2 sdt gula pasir
• kulit pangsit
• minyak untuk mengoles





Cara Membuat:
1. Campur semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata.
2. Lalu bungkus membentuk somay dengan kulit pangsit.
3. Lapiskan steamer/pengkukus dengan kertas roti lalu olesi dengan minyak agar siomay tidak lengket.
Aku ngukusnya pakai cetakan bolu kukus yang kuolesi minyak, maksudnya agak si siomay tetap berdiri, gak bubrah kulitnya.
4. Kukus selama 6 – 8 menit atau sampai matang.
5. Untuk saus, campurkan 1 sdm saus sambal 2 sdm kecap asin.
6. Sajikan dengan saus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...