Senin, 06 Mei 2013

Resep Pizza

Bikin pizza lagi buat anakku yang mau UN. Seperti biasa dia yang menguleni adonannya. Entah kenapa anakku ini suka banget menguleni adonan pizza, berasa main lempung kali yaa hehe...
Anakku ini doyan banget pizza. Setiap pulang les dia beli pizza. Akhirnya kuputuskan untuk mencoba membuat pizza sendiri. Ternyata gampang. Dan enak! Resepnya aku dapat dari Anisah, temanku yang tinggal di Melbourne. Dia bilang, "Iki resepe seko koncoku Londo Ostrali. Mamae koncone anakku. Coba wae, gampang. Top markotop pokoke."

Resep dari Anisah menggunakan tepung semolina/ chickpea sebagai campuran terigu. Semolina ini membuat pizza jadi makin enak dan bertekstur, gak plain kaya donat. Tapi agak susah mendapatkan tepung semolina ini, jadi bisa diganti aja dengan tepung terigu. Aku kebetulan dapet tepung semolina ini dari toko Yogya di Riau Junction.





Bahan dan cara membuat dough:
  • 2 sdt dried yeast ~> aku pake 1 bungkus fermipan
  • 1/2 sdt garam ~> aku pake 1 sdt
  • 1 sdt gula pasir ~> aku pake 1 sdm 
  • 2 sdm olive oil
  • 350ml air hangat
Semua diaduk sampai muncul gelembung kecil. Aku diamkan sekitar 10 menit.

Masukkan 500gr tepung terigu protein tinggi dan 100gr tepung semolina (chickpea).  Diuleni sampai kalis, diamkan 1 jam.

Topping :
  • 6 sdm saus  bolognese
  • 200 gr keju mozarella
  • saus tomat
  • keju cheddar, keju permesan (ini tips dari Anisah, agar rasanya makin woow)
  • bawang bombay, mushroom, sosis, nanas, capsicum, tomat,  etc sesuai selera, atau sesuai persediaan yang ada di kulkas :)




Kempeskan adonan dough, bagi dua. Ratakan di loyang, olesi saus, taburi keju dan aneka topping.

Resep ini bisa menjadi 2 pizza family size kata Anisah. Kubuat menjadi 2 loyang ukuran 22 cm. Dan kubuat kotak aja sesuai loyangnya, gak bulet seperti pizza asli hehe...


Panggang selama 20 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...