Kamis, 02 Mei 2013

Bolu Ketan Hitam Kukus

Makanan berbahan dasar ketan hitam adalah favorit suamiku. Tape ketan hitam, bubur ketan hitam, gemblong, kue bugis, ladu, sponge cake dll asal berbahan ketan hitam dia suka. Jadi kalau di supermarket aku lihat tepung ketan hitam aku masukin ke keranjang aja meskipun belum tau mau dibikin apa, hehe.... Kali ini sebenarnya aku pengin bikin sponge cake ketan hitam, tapi berhubung males nurunin oven dari atas lemari ya sudah jadinya kue kukus lagi :))

Resepnya kudapat dari Sajian Sedap dengan menghilangkan beberapa bahan tambahan yang kurasa gak perlu. Hasilnya enaak.. legit! Tentu saja, kelebihan ketan hitam adalah kelegitannya ini. Tekstur kuenya padat, lebih mirip brownies dari pada bolu. Tapi mau kuberi judul brownies ketan hitam kok rasanya kurang pas juga. Brownies kok gak pake coklat :D

Tapii... kata suamiku kurang berasa ketan item, terlalu lembut, gak kaya yang biasa kubeli di toko kue.  Hihi... Maksud suamiku kue yang biasa kubeli memang lebih bertekstur, jadi kerasa ketan item banget. Ya iyalah Pa, ini kan dikukus. Oke deh lain kali bikin yang dipanggang.
























Bahan:
6 butir telur ayam
250 gram gula pasir halus
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm) ~> aku skip
250 gram tepung ketan hitam
1 sendok teh baking powder ~> aku skip
1/2 sendok teh vanili bubuk ~> optional
200 gram margarin dilelehkan
2 sendok makan susu kental manis putih


Cara membuat:
1. Kocok telur, gula pasir halus, garam, dan emulsifier sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung ketan hitam, baking powder, dan vanili bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan margarin leleh dan susu kental manis putih sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Tuang di loyang yang dioles margarin.
5. Kukus 25 menit sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...