Jumat, 24 Mei 2013

Bayiku Belajar Makan

Tanpa terasa Jindra sudah berumur 6 bulan, sudah waktunya belajar makan. Kemarin sudah kucoba memberi dia pisang kerok. Suapan pertama ekspresinya aneh, kaya mikir gituu.. tapi selanjutnya lancar, ditelan telan saja tuh, dan habis seperempat buah pisang cavendish ukuran sedang. Alhamdulillah.. Lumayan untuk pemula. Rencanaku seminggu ini biar makan pisang saja dulu, sehari satu kali saja. Minggu depan baru akan kucobakan bubur susu.

Walaupun anak keempat, tetep aja lupa gimana jadwal pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk bayi umur 6 bulan hehe... Hasil dari googling-googling aku dapat jadwal makan bayi yang tepat sesuai dengan usia bayi berdasarkan rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dari webnya Melinda Hospital:
  • 0 - 4 bulan
  • Pemberian ASI eksklusif
  • 4 - 6 bulan (bertahap)
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI
    Pukul 08.00 (makan pagi) Bubur susu
    Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 12.00 (makan siang) ASI
    Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI
    Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 18.00 (makan malam) Bubur susu
    Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI
  • 6 - 9 bulan (bertahap)
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI
    Pukul 08.00 (makan pagi) Nasi tim
    Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 12.00 (makan siang) Nasi tim
    Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI/PASI
    Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 18.00 (makan malam) Nasi tim
    Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI
  • 9 - 12 bulan (bertahap)
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI
    Pukul 08.00 (makan pagi) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim)
    Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 12.00 (makan siang) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim)
    Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI/PASI
    Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
    Pukul 18.00 (makan malam) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim)
    Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI
  • 12 bulan
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI
    Pukul 08.00 (makan pagi) Makanan keluarga
    Pukul 10.00 (camilan) Biskuit
    Pukul 12.00 (makan siang) Makanan keluarga
    Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) -
    Pukul 16.00 (camilan) Biskuit
    Pukul 18.00 (makan malam) Makanan keluarga
    Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI
Tapi kayanya rekomendasi IDAI ini versi jadul yaa... soalnya di jadwal ini bayi mulai diberi MPASI sejak usia 4 bulan. Kalau versi sekarang kan usia 6 bulan baru dikenalkan dengan MPASI. Oke deh tinggal disesuaikan.

Dan ini ada tabel dari Sari Husada dengan judul Jadwal Pemberian Makan Si Buah Hati.




Dan yang aku ikuti yang berikut ini, walau sumbernya jadul juga :) dari Edaran Depkes tahun 1980-1990-an.  Aku copas dari tumbuhkembang.net .
 

Ini penjelasannya:

Pemberian makanan tambahan HARUS dimulai dengan buah yang dilumatkan. Kenapa? karena usus bayi ketika dilahirkan belumlah sempurna, karena beberapa bulan pertama kehidupannya adalah masa pematangan usus. Itu sebabnya dia hanya boleh diberi ASI, sebab memang ususnya baru bisa mencerna ASI saja. bahaya sekali memberi makanan lain pada bayi usia di bawah 4 bulan.
Tapi setelah itu, ususnya sudah siap diperkenalkan dengan buah. Kenapa harus buah, sebab buah adalah makanan yang paling mudah dicerna oleh usus, hanyaperlu waktu 15-30 menit sudah selesai dicerna oleh lambung dan langsung turun ke usus halus untuk diserap ke dalam darah.
Agak bahaya kalau setelah ASI eksklusif makanan tambahan yang diberli adalah langsung bubur susu (Cerelac dkk), sebab usus bayi sebetulnya belum siap mencerna karbohidrat.

Nah... mau pilih yang mana? Monggo dipilih..dipilih :)

Eh ya, ada satu lagi, ini menu sebulan buat bayi, dari Nutrikidz Catering Bubur Bayi dan Balita biar gak bingung nyusun menu, yaa buat tambah-tambah inspirasi kalau kehabisan ide. Atau mau pesen catering aja? Kalo males bikin sendiri......... :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...