Kamis, 25 April 2013

Kue Mangkuk Labu Kuning

Dapet oleh-oleh labu kuning dari Teh Siti, hasil panen dari kebun orang tuanya. Oh senangnyaaa... tapi sempet bingung mau dibikin apa ya? Dibikin kolak? Bosen ah... Akhirnya kubikin kue mangkuk lagi, pake resepnya Kue Mangkuk Ubi Ungu , dengan sedikit modifikasi tentunya.


Tapiii....baca dulu tentang kandungan gizi labu kuning ya, biar makin enak makan kuenya :))

Dari ayahbunda.co.id, kandungan gizi labu kuning:
Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda taka perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
Nah sekarang saatnya bikin kue.

 Bahan Biang:
  • 5 sdm tepung terigu protein rendah
  • 100 ml air
  • 11 gr / 1 bungkus ragi instan
Aduk rata bahan biang, diamkan 30 menit.

Bahan Utama:
  • 400 gr labu
  • 350 gr gula pasir
  • 400 gr terigu protein rendah
  • 3 butir telur
  • 200 ml santan
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga tercampur rata.
  2. Blender labu, santan, dan garam sampai halus, masukkan ke kocokan telur.
  3. Masukkan adonan biang dan terigu. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  4. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi kertas. Tuang adonan sampai penuh dan kukus sekitar 15 menit. Bisa juga menggunakan cetakan kue mangkok, olesi minyak (tidak perlu dialasi kertas).
Dan ini hasilnyaa... Kandungan gizinya tinggi, enak pula... nyam.. nyam...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...