Kamis, 18 April 2013

Kue Mangkuk Ubi Ungu

Ubi termasuk salah satu makanan favoritku. Enak, murah, dan mudah diolah. Dikukus, digoreng, dibikin kolak, getuk, kremes, keripik, candil (biji salak), semuanya enak. Dan yang satu ini gak kalah enak loh... kue mangkuk ubi. Kupakai ubi ungu selain karena warnanya yang cantik, konon bahan makanan berwarna ungu itu mengandung antioksidan tinggi. Bagus untuk detoksifikasi dan juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel, menjaga agar kulit tetap fresh dan awet muda.

Ini kutipan dari food.detik.com :
Buah dan sayur berwarna ungu diketahui sarat akan nutrisi. Di antaranya adalah menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang bisa berdampak fatal bagi kesehatan. Ada juga lutein, zeaxanthin, resveratrol, vitamin C, serat, juga flavonoid. Buah dan sayur berwarna ungu di antaranya adalah terong, anggur, bit, ubi, cherry, dan juga kol ungu.
Kekebalan tubuh juga bisa meningkat jika sering mengonsumsi si ungu ini. Pencernaan menjadi lebih lancar, melawan inflamasi dan juga menghambat penyebaran sel kanker karena adanya anthocyanins di dalamnya. Anthocyanins merupakan senyawa yang memproduksi warna ungu pada buah dan sayur.

Ada temuan menarik yang dihasilkan oleh National Helath and Nutrition Examination Study (NHANES). Mereka meneliti pola makan sekelompok orang, dan terlihat hasilnya jika orang yang rajin mengonsumsi makanan berwarna ungu dan biru paling jarang mengalami kelebihan berat badan.
Ubi Ungu

 Bahan Biang:
  • 5 sdm tepung terigu protein rendah
  • 100 ml air
  • 11 gr / 1 bungkus ragi instan
Aduk rata bahan biang, diamkan 30 menit.
Bahan:
  • 400 gr ubi ungu kukus, haluskan
  • 300 gr gula pasir
  • 400 gr terigu protein rendah
  • 3 butir telur
  • 300 ml santan
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga tercampur rata.
  2. Remas-remas ubi, garam, dan santan, masukkan ke kocokan telur.
  3. Masukkan adonan biang dan terigu. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  4. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi kertas. Tuang adonan sampai penuh dan kukus sekitar 15 menit. Bisa juga menggunakan cetakan kue mangkok, olesi minyak (tidak perlu dialasi kertas).
 Boleh juga mencontek cara praktisku, tinggal cemplung2 nih...
  1. Masukkan telur, gula dan garam ke dalam blender. Blend sebentar dengan kecepatan rendah. Masukkan ubi dan santan. Blender sampai halus. 
  2. Taruh terigu dalam sebuah wadah. Tuangkan adonan ubi dan adonan biang. Uleni, diamkan 30 menit, dan kukus.
Ini hasilnyaaa.....
Kue Mangkuk Ubi Ungu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...