Selasa, 09 April 2013

Bolu Kukus Mawar



Siapa bilang bikin bolu kukus yang merekah ini susah?

Di blog sebelah ada yang bilang ukuran bahan-bahannya harus persis sis dengan resep yang dia tulis, gak boleh kelebihan sedikit pun. Lah kalo timbangannya udah rada error kaya timbanganku ini gimana dong?
 Ada juga yang bilang bikin bolu kukus ini ada ‘kutukannya’ jadi bantat melulu… hihi…  Bikin kue kok pake kutuk mengutuk segala.. Emangnya Malin Kundang?

Walaupun bukan ahli bikin kue, tapi selama nyobain resep ini Alhamdulillah kue bolu kukusku gak pernah bantat. Resep ini kudapat dari Tabloid Nova edisi entah kapan.. (Sekitar belasan tahun yang lalu :p )

Yang harus diperhatikan adalah kocok telur dan gulanya itu sampai kaku, kalau ngocoknya cuma sebentar  kayanya bakal bantat deh…

Okey, selamat mencoba yaa…


Bolu Kukus

Bahan:

  • 2 butir telur
  •  200 gr gula pasir
  • 2 sdt SP/ovalet
  • 275 gr tepung terigu
  • 200 ml minuman bersoda
  • 50 ml air daun suji (aku gak pake, kadang kuganti santan, kadang kuganti susu)
Cara Membuat:
  1. Kocok telur, gula dan SP/ovalet sampai kaku.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Masukkan juga air soda dan air daun suji. Aduk rata.
  3. Ambil 3 sendok sayur adonan, tempatkan dalam 3 wadah berbeda, dan masing-masing beri setetes pewarna makanan.
  4. Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas, tuang adonan sampai penuh, beri sedikit adonan berwarna di atasnya.
  5. Kukus selama 10 menit dengan panci yang tertutup rapat. Alasi tutup dengan serbet makan yang bersih agar tidak ada uap air yang menetes ke kue. Jangan dibuka-buka ya kalo kuenya belum matang.. Kalo tutup dibuka sebelum kue matang, dikutuk jadi bantat loh... :p 

2 komentar:

  1. Alhamdulillah ketemu ni resepnya mbak ^_^... satu resep jadi berapa ya mbak?? Kapan-kapan coba ah.. ma kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. udah lama gak bikin... agak2 lupa hehe... Seingetku jadi 25-30 cup deh...
      Kalau mau yg kue mangkuk ini resepnya:

      http://nyonyasutisna.blogspot.com/2013/04/kue-mangkuk-kukus-ubi-ungu.html

      atau

      http://nyonyasutisna.blogspot.com/2013/04/kue-mangkuk-labu-kuning.html

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...